Monday, August 29, 2011

Kapan lebaran?

Masih rancu banget ya, ada yang bilang hari Selasa, ada yang bilang Rabu. Kalo Muhammadiyah udah pasti hari Selasa ya, tapi keluarga sudah terbiasa untuk ikut pemerintah dan masih harap harap cemas menunggu hasil sidang itsbat. Baju baru udah siap, makanan??? Masih belum beli ketupat!!! Hahaha rupanya bunda terlalu 'santai' dan benar benar kehabisan di pasar. Rencananya malam ini mau nyari lagi, sekalian beli bbrp barang dirumah yg esensial tapi habis.

In the Feizal Household, we celebrated Ied quite differently. Kenapa Feizal brin??? Kepala keluarga bukan Sidharta soalnya... Hehehehe. Biasanya, bangun jam 6, siap siap. Gak pernah dandan sebelum shalat Ied seperti yg lainnya. Mandi sama parfum, sudah cukup. Baju lebaran dipakai. Namun, sudah beberapa tahun gak bunda shalat ied. Kenapa? Karena pas pasan banget sama 'waktu'. Aku tahun lalu shalat, insya Allah tahun ini sudah bisa shalat. Baju lebaran, belum tentu baru yang dipakai shalat Ied. Kenapa? Karena baju lebaran gak pernah baju muslim. Jadi sensasi beli baju lebaran sebenernya gak ada beda sama beli baju baru. Tahun ini, alhamdulillah gak kehabisan ini, warna hitam. Sizenya sebenarnya agak maksa. Aku S, dan stok terakhirnya M. Dipas-pasin, karena bagian punggung dan tangan agak kebesaran, satu jari penuh. Hehehehe, sebenernya biasanya juga M, S kalo lagi beruntung banget. Tapi bulan Ramadhan, selalu jadi jauh lebih kurus. Dikasih bonus ini juga sama bunda. Shalat pun gak pernah jauh jauh, dispesialisasikan, disiapkan dari sehari sebelumnya. 8 tahun di Bogor selalu Ied di masjid komplek.

Setelah Ied, biasanya makan. Sarapan, kan laper. Bunda juga nunggu aku selesai shalat, baru makan bersama. Jangan harap ada sungkeman, paling cuma salim. Setelah makan, beresin makanan dan pergi kerumah Eyang. Yang dibawa juga gak semua, cuma menu spesialnya aja. Tahun lalu, Rendang Daging. Tahun ini kayanya Terik Daging, karena dirumah Eyang, opor dan ketupat jauh lebih banyak dari yang dirumah. Sampai disana, jam 9-10an, tergantung ngaret dan perjalanan. Biasanya sih lengang, menuju Kelapa Gading yg agak terhambat karena disana bukan area muslim, jadi gak ada yang mudik. Sampai disana biasanya udah ramai, eyang suka undang Pers buat makan makan, sama keluarga besar. Eyang emang ada pamor, karena eyang pendiri utama Sekolah Darurat Kartini. Sering sih masuk TV, dan sering diseret juga untuk masuk TV-_- Semoga gak ada yg pernah lihat ya. Disana, selalu jadi barbie. Sebagai cucu tertua, pasti dipamerin dan selalu dapet satu juta pertanyaan Ied. Mostly tentang pendidikan, karena yang tamu undangan juga orang orang yang gak jauh dari dunia situ. Cita cita, sekolah dimana, universitas tujuan, passion, hobi, masterplan hidup. Pertanyaan ringan, tapi gak jarang juga pertanyaan melenceng ke "Sudah punya pacar atau belum?". Cliche, tiap tahun selalu ada pertanyaan seperti ini. Tahun ini satu satunya yang kujawab "Masih sendiri kok" Hahahaha. Jadi barbie bisa sampai ashar, terus pas pulang, pasti bawa sesuatu. Buku lah, biasanya sih batik karena selalu sneak in ke kamar baju eyang (Ada dua. Duh-_-) dan cari batik lawasan, kebaya encim, terus baju baju vintage.

THR??? Mana ada!!! Ajang panen THR buatku bukan di Ied, tapi di Natal. THR yang dibawa pulang malah business cards orang orang, lumayan sih buat networking, tapi gak pernah ada uang tambahan yang diselipin eyang. THR lebih mungkin, dari uang bulanan yang dikasih daddy sama bunda, itupun lebih 100-200 ribu aja, nggak lebih. Jadi... Jangan harap ngetweet "Panen THR" karena ini bukan waktunya!!! Hahahaha

Pulang dari rumah eyang, biasanya lanjut ke Mall Kelapa Gading karena lapar. Lapar perut dan mata, hehehe. Pas Ied, biasanya toko toko ngeluarin baju baju yang tertumpuk di gudang dan kalo jeli, biasanya bagus bagus!!! Tiap Ied juga selalu makan frozen yogurt, dan beli emas. Beli emas ini yang gak bisa tertinggal.  Perbulan, bunda jarang ngambil uang gaji semuanya dari ATM, dan pas Ied, biasanya udah cukup buat nambah bbrp pieces. Ini yang gak ada di keluarga lain, yakin deh! Hahahaha.

Ied hari kedua, jarang pergi lagi. Biasanya cuma dirumah, nonton TV. Kecuali ada undangan silaturahmi, pasti ngetem dirumah. Kalo mau dateng kerumah, Ied hari kedua ya, jangan pertama!!! Opor Ayam bundaku enak kok:p

No comments:

Post a Comment